Friday, 11 April 2014

Pemuda Hebat untuk Indonesia Hebat


Kemerdekaan telah lama kita rasakan , alam penjajahan fisik tidak lagi kita temui. Saat ini yang kita temukan adalah penjajahan secara terselubung, saya rasa kalau kita menyadari penjajajhan secara fisik kita pasti akan melawannya. Tapi jika secara terselubung kita akan terlena bahkan ikut terbawa.
Kita melihat banyak pemuda yang harusnya energik malah loyo, tak ada semangat yang membara dimata mereka. Sebagai contohnya tetangga saya setiap pagi pergi sekolah keadaann badan sangatlah kurus dengan langkah gontai dan sarapan paginya  sebatang rokok. Bagaimana otak akan bekerja maksimal sumber energi yang berasal dari sarapan tidak ada, malah diganti dengan  nikotin. Salah siapa? Tidak perlu mencari kesalahan yang dilakukan sekarang adalah melakukan perubahan kearah yang lebih baik.
Rokok dan pemuda itu contoh sederhananya. Kalau kita lihat lagi banyak hal lain yang lebih berbahaya dan mengubah pola pikir pemuda seperti narkoba, tawuran, sex bebas. Kalau boleh jujur ini merupakan bentuk pemuda yang terseret dengan penjajahan terselubung . Kita tidak akan lupa Pesan bung karno begitu menggetarkan hati , satu pemuda bisa mengubah dunia dan kita harus ingat sumpah pemuda ternyata itu merupakan bentuk dari apresiasi pemuda. Hasil dari sumpah pemuda itu ternyata menghasilkan persatuan dan kesatuan dan tokoh sumpah pemuda itu banyak berasal dari pemuda di berbagai suku, agama dan ras.
Kita tidak boleh berkecil hati, Selain pemuda yang loyo kita juga memiliki pemuda yang mengharumkan bangsa dengan berprestasinya. Mungkin kita (pemuda) bukan orang yang beruntung tidak bisa memiliki prestasi yang membanggakan tapi setidaknya kita bisa melakukan hal kecil, yang akan berdampak besar jika dilakukan terus menerus . Hal yang bisa dilakukan pemuda adalah dengan membuat gerakan pemuda berdikari dan menjadikan gerakan ini sebagai komitmen. Gerakan pemuda berdikari maksudnya pemuda bersama-sama secara mandiri melakukan hal yang bisa membuat indonesia lebih baik. Adapun hal  yang bisa dilakukan adalah:
1. Menjaga Budaya dan Kekayaan Alam. 

Kita takkan lupa beberapa saat yang lalu saat tarian diklaim negara lain, reaksi kita adalah marah padahal itu terjadi setelah kita mulai melupakan budaya. Setelah diakui negara lain kita mulai sibuk memperjuangkannya.. Keanekaragaman budaya bangsa kita harus bisa kita jaga dengan cara mempelajarinya. Saya rasa tidak semua tarian dan nyanyian bisa kita hafal setidaknya setiap orang bisa mengetahui dan lebih baik lagi bisa mempraktekkanya. Selain tarian dan nyanyian kita juga mempunyai keankeragaman dari segi Rumah adat wayang, permainan tradisional, angklung, pakaian adat Batik, songket, senjata tradisional.
Kekayaan alam Indonesia baik di laut dan darat yang melimpah ruah seperti  ribuan pulau, minyak, tambang timah, tambang emas, sawah yang luas, perkebunan, ribuan wisata bahari, ratusan danau, air terjun, ribuan gunung, candi dan juga masih ribuan lagi yang tidak bisa disebutkan. Kesemuanya harus kita jaga dengan cara peduli baik itu kelestariannya dan menjaganya jangan sampai rusak oleh tangan jahil


2. Pemuda Harus Mengawasi Kecurangan Pemilu.

Pemilu merupakan sarana untuk mencari pemimpin yang berkualitas baik segi dari pemikiran dan akhlaknya. Banyak orang yang tidak memenuhi syarat sebagai pemimpin tapi masih berniat menjadi pemimpin. Kadangkala menghalalkan segala cara termasuk dalam pemilu melakukan  kecurangan. Tugas pemuda adalah mengawasi kecurangan dan melaporkannya. Pemuda tidak boleh menggunakan darahmudanya untuk main hakim sendiri.

3. pemuda menjadi entepeuner
Setelah  tamat sekolah yang biasa dilakukan adalah mencari pekerjaan dan posisi faforit adalah PNS. Berlombalah untuk bisa mencapai posisi ini ada yang melalukan hal buruk dengan melakukan sogokan. Atau ada juga yang merantau keluar negri sebagai TKI alasannya di negara sendiri sulit pekerjaan.  Sebenarnya pekerjaan itu tidak dicari tapi diciptakan sendiri. Banyak yang merasa tidak akan hidup layak jika menjadi  enterpeuner, hal ini salah. menjadi enterpeuner selain menghasilkan uang juga bisa membuat lapangan kerja baru.

4. pemuda harus kreatif
Point ini terletak terakhir karena sangat sulit menumbuhkan jiwa kreatif, tapi kita harus berusaha. Banyak pemuda dari berbagi keahlian kini tengah berupaya menjaga, mengembangkan dan memadukan sebuah teknologi dengan akar budaya yang kita punya salah satunya munculnya gamelan elektronik dari Universitas Dian Nuswantoro Semarang yang sudah mendunia yaitu e-Gamelan, gamelan jawa dari kraton Surakarta yang sudah di digitalisasi dan bisa di unduh di apllestore, e-Gamelan ini sudah di pentaskan di berbagai negara dengan tujuan memperkenalkan budaya bangsa serta menarik minat pemuda Indonesia untuk kembali melihat budaya disekitar lingkunganya dan mengenalkannya pada Dunia menurut pengembangan pada keahlianya masing-masing.
Tidak hanya itu mahasiswa fisika ITB sebelumnya juga menciptakan angklung robotick angklung ini sudah terhubung oleh komputer smartphone dan android, tidak kalah ketinggalan mahasiswa dari Universitas Brawijaya ditahun 2013 juga memamerkan penemuanya yaitu robot menari kecak, dan ribuan penemuan-penemuan lain pemuda Indonesia dari berbagai keahlian yang sudah mendunia.

Demikianlah hal yang bisa dilakukan pemuda untuk mewujudkan indonesia hebat, perlu perjuangan semua pihak untuk mewujudkannya. Pemuda untuk berjuang tidak harus ikut perang atau berfikir muluk-muluk karena cukup dengan berguna untuk daerahnya masing-masing, mengejar prestasi tertinggi untuk membanggakan daerahnya adalah bentuk dari sebuah perjuangan itulah Pemuda Hebat dibalik Indonesia Hebat, dan membantu Pemuda lain mewujudkan mimpinya. Pemuda adalah tiang Negara, kalau Pemudanya lemah Pemudanya loyo Negara juga akan kropos akibatnya kekayaan alam, budaya, dan hak-hak Bangsa ini dengan gampangnya dirampas oleh bangsa lain,
sumber : http://www.masroqib.com/2014/03/pemuda-hebat-dibalik-indonesia-hebat.html


No comments :

Post a Comment