Tuesday, 1 April 2014

Manusia, Berhentilah Menjadi Perusak Dunia

Manusia sebagai khalifah merupakan sebuah tugas yang allah berikan. Pada awalnya malaikat tidak setuju karena manusia dengan akal dan nafsunya akan merusak dunia yaitu dengan adanya pertumpahan darah dan kerusakan lingkungan.
Tapi allah membantah dengan tegas kekhawatiran malaikat tersebut, hal ini terdapat dalam qs albaqarah ayat 30.
Kewajiban manusia adalah beribadah kepada allah salah satunya dengan menjaga dunia beserta isinya.
Dalam QS rum ayat 41-42 telah diterangkan tentang dampak kerusakan di dunia akibat ulah manusia, allah sengaja membiarkannya agar manusia kembali ke jalan yang benar.
Manusia dibiarkan merasakan musibah akibat dari perbuatan mereka.
Contohnya banjir, diakibatkan kebiasaan membuang sampah, menebang pohon, membuat rumah di daerah resapan air.
Manusia tahu tindakannya salah tapi karena hanya memikirkan keuntungan saja akibatnya manusia menderita.
Dalam ayat 42 diterangkan lagi anjuran kepada manusia melakukan perjalanan sambil  belajar dari pengalaman orang di sekitar dan orang terdahulu. Begitu hebatnya islam sampai kepada hal seperti ini ada dalam ajarannya. Artinya islam tidak ingin ada umatnya yang menderita, ketika manusia mendapatkan musibah dikarenakan tidak menjaga dunia beserta isinya. Banyaknya musibah yang terjadi dikarenakan ulah manusia tersebut, Seperti hukum dalam fisika ada aksi dan reaksi yang saling mempengaruhi.
Banyak Kegiatan menjaga alam yang dapat dilakukan dimulai dari hal sepele seperti tidak buang sampah sampai yang komplek yaitu menjaga kelestarian hewan dan tumbuhan .
Tulisan ini diikutkan dalam giveaway i love islam

No comments :

Post a Comment