Sunday, 9 March 2014

Wonderfull Wife, Mungkinkah Saya Bisa ?

Bicara wonderfull wife bagi saya rasanya agak sedikit berat , maklumlah belum berpengalaman(curcol he,,hee). Saya belajar dari sebuah ungkapan  menarik yang berbunyi   alam takambang jadi guru (transletnya belajar dari alam  ) karena tidak semua hal bisa didapatkan dari bangku sekolah .
Banyak cerita kehidupan berumah tangga yang singgah ditelinga dan mata saya yang berasal dari orangtua, teman, saudara yang memberikan inspirasi. Hal baik bisa dijadikan inspirasi dan hal buruk bisa ditanggalkan . walaupun belum berpengalaman  tapi izinkan saya untuk mengeluarkan hasil pemikiran 3 kriteria wonderfull wife :
 gambar dari sini
  1.  cinta pada allah (taat beribadah )
     Mempunyai  istri yang taat merupakan karunia terbesar karena istri merupakan sekolah pertama bagi anak-anaknya kelak. Tidak bisa dipungkiri sebagai orangtua kita ingin anak yang taat pula kepada allah, banyak orangtua saia perhatikan menyerahkan segalanya pada guru disekolah.
    Jika pada akhirnya anak berlaku kurang ajar antara suami dan istri saling menyalahkan. Sebenarnya tugas mendidik anak merupakan kewajiban suami istri, tapi akan terasa sulit bagi seorang suami dalam membagi waktu untuk mendidik anak karena harus mencari nafkah bagi keluarga. 
    Seorang istri yang taat pada allah kan memberi pengaruh positif bagi perkembangan karier suami, dia akan menjadi rem yang kuat bagi suami jika ada hal yang buruk . Banyak kasus korupsi yang terjadi belakangan ini menurut dikarenakan istri tidak taat kepada allah sehingga tidak bisa mengerem suaminya yang mengakibatkan terjebak dalam perangkap setan. Jika sudah taat pada allah maka istri juga akan taat pada suami.
    sebuah kisah nyata yang menginspirasi saya adalah
    pasangan suami istri ini beragama islam tapi sungguh disayangkan suami hanya islam KTP saja. Walaupun begitu si istri tetap melayani suami dengan baik serta mendidik anak mereka dengan baik sehingga anaknya melaksanakan ajaran agama . Seiring berjalan waktu berkat kesabaran dan doa yang tak pernah putus akhirnya sang suami mulai menjalankan ajaran islam dengan baik bahkan sekarang selalu sholat diawal waktu. Istri yang taat memberi pengaruh yang baik bagi suami dan anak-anaknya. 
     2. memiliki sifat nabi muhammad SAW 
    Sifat yang baik nabi muhammad telah membawa perubahan besar dalam peradabaan arab dan membuat islam berkembang ke seluruh  dunia.
    Sifat yang baik ini jika ditiru oleh seorang istri akan membuatnya luarbiasa bagi suami dan bahkan bisa menjadi ibu luarbisa yang akan melahirkan  generasi islam yang membawa perubahan dalam kehidupan berbangsa. Dalam alqur'an dinyatakan tentang sifat teladan yang harus ditiru dan kan mendatangkan kebaikan bagi yang mengikutinya 
    “Sesungguhnya telah ada pada diri Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu yaitu bagi orang yang mengharap rahmat Allah dan kedatangan hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah.” [Al Ahzab 21]
    Adapun sifat nabi yang harus diteladani adalah 
    • shiddiq ; benar
    Antara perkataan dan perbuatan selaras maksudnya dalam berkata dan berbuat harus  benar. Menjadi jujur merupakan hal yang berat dalam kehidupan ini. Pada sebagian orang berdusta merupakan hal yang biasa dikarenakan telah terbiasa. Berdusta merupakan dosa kecil yang akan menjadi ibu dari segala dosa. 
    Seorang istri harus berlaku jujur pada suami dalam segala hal karena kejujuran akan  membawa pada kebaikan dan kebaikan itu membawa ke syurga. Seseorang yang selalu jujur dan memilih kejujuran, akhirnya dicatat disisi Allah sebagai orang yang sangat jujur.  Keuntungan dari jujur adalah melahirkan ketenangangan takkan ada lagi rasa resah didalam diri., Suami akan semakin mencintai istri dan akan disayang semua orang,  mempunyai derajat yang tinggi dan manfaat terakhir adalah mempunyai keberkahan hidup.
    • amanah : bisa dipercaya
    Membuat bisa dipercaya merupakan hal yang sulit jika telah pernah berbohong pada suami. Terasa sangat menyakitkan jika suami lebih percaya pada orang lain dari pada istri. Terjadinya krisis ketidakpercayaan ini dikarenakan istri pernah membohongi suami. 
    Manusia butuh tempat untuk berbagi baik it saat senang maupun susah demikian juga dalam kehidupan berumah tangga , Istri merupakan tempat curhat pertama bagi suami untuk segala permasalahan yang menimpanya.

    • tabligh :menyampaikan 
      Arti sifat nabi ini adalah  menyampaikan , dahulu nabi diminta untuk menyampaikan semua ajaran islam dan tidak yang disembunyikan. Istri juga harus memiliki sifat seperti ini bisa menyampaikan kebenaran jika suami melakukan kesalahan walaupun bisa membuat suami  marah. 

      sifat tabligh ini harus diletakkan pada tempatnya, maksudnya banyak istri yang bersifat tabligh tapi pada hal yang buruk seperti ghibah.

    • fatonah : cerdas
      memiliki istri cerdas merupakan idaman semua orang, cerdas disini tidak hanya terbatas pada pintar matematika, fasih berbahasa inggris tapi lebih kepada mampu membaca raut wajah suami ketika sedang ada masalah tanpa harus bercerita terlebih dahulu pada istri. Cerdas juga dalam memberikan solusi ketika suami ada masalah serta mampu menenangkan suami ketika gelisah.

      3. mandiri 
      Tugas utama suami adalah mencari nafkah sedangkan istri mendidik anak, telah ada pembagian tugas secara tersirat. Alangkah lebih baik jika istri mampu menghasilkan uang juga. Pada sebagian suami tidak suka istri bekerja diluar rumah solusinya bisa dengan bekerja dirumah saja menjadi blogger, online shop, penulis buku, penerjemah dll.
       Masalah keungan merupakan masalah yang urgen dalam rumah tangga, banyak perselisihan terjadi karena uang.  ketika istri bisa menghasilkan uang secara tidak langsung sudah meringankan beban suami.

      teman saya bercerita keuntungan istri bekerja ;
       seorang pengusaha  tibalah di suatu masa, usahanya macet dan  butuh modal, karena istri bekerja sehingga uang tabungan istri bisa dijadikan modal untuk membantu suami dalam berbisnis. 

      Adapun cara yang bisa dilakukan untuk mewujudkan 3 kriteria ini adalah :
      1. menyadari tujuan hidup ini adalah untuk beribadah pada allah 
      2. sabar dalam setiap keadaan 
      3. memiliki komunikasi yang bagus dengan suami
      4. rajin belajar baik itu dengan cara membaca buku, mengikuti pengajian 


      Demikianlah 3 kriteria wonderfull wife menurut saya, setiap orang memiliki kriteria berbeda dan kita sepakat tujuan akhir yang hendak dicapai membentuk keluarga sakinah mawaddah warahmah. Adapun jawaban untuk pertanyaan saia di judul adalah MUNGKIN, asalkan kita mau belajar dan berusaha

       gambar dari sini
    Di akhir tulisan tambahkan sedikit masukan, kritik dan saran tentang blognya. tampilan blog sudah bagus, isinya juga ringan dan tidak menngurui tapi saya sedikit kesulitan mencari artikel lain . sebaiknya gimana kalau ada widget search mak .


    ARTIKEL  INI  DISERTAKAN DALAM  GA  “WONDERFULWIFE  By Ida Nur Laila

    No comments :

    Post a Comment