Monday, 17 February 2014

Sarapan Sehat untuk Generasi Sehat


Pentingnya sarapan

Setiap pagi ketika berangkat bekerja ada sebuah pemandangan yang biasa menurut orang tapi luar biasa menurut saya. Pemandangan yang selalu sama selama 5 hari dari senin sampai jumat.  Ketika saya menyatakan hal ini teman saya malah menganggap biasa.
Banyak pegawai  dari beberapa  instansi sebelum mulai bekerja sarapan di kantin. Kadang mereka berombongan dan untuk jenis gendernya antara  perempuan dan lelaki hampir sama jumlahnya. Bukannya saia kepo dan idealis tapi alangkah baiknya  sebelum berangkat kerja sarapan dulu jadi ketika bekerja kita siap. Yang lebih aneh  lagi adalah sudah terlambat datang kerja masih  menyempatkan  cari sarapan atau setelah apel pagi bukannya langsung bekerja tapi malah cari sarapan dulu. Beberapaa contoh dari pola sarapan yang dilakukan tapi mengorbankan waktu dinas./ jam kerja. Sebuah keheranan menghampiri saya karena sedari kecil saya dipaksa untuk sarapan pagi .Jadi ketika mulai beraktifitas saya merasa kuat dan lebih konsenterasi.
Pernah juga saya bertanya kepada teman alasan mereka tidak sarapan pagi dan jawabannya  tidak biasa, tidak sempat ,  perut tidak bisa menerima lah sarapan . Sarapan pagi adalah makanan yang disantap pada pagi hari. Waktu sarapan dimulai dari pukul 06.00 pagi sampai dengan pukul 10.00 pagi. Sarapan sangat dianjurkan untuk dipenuhi, karena alasan kesehatan yaitu memberikan nutrisi otak dan mengendalikan berat badan.
o.k itu terjadi pada orang dewasa bagaimana dengan anak-anak  ??
Apalagi pada anak sekolah mereka tidak ada waktu , setiba disekolah mereka harus dipaksa menyerap pelajaran sedangkan perut lapar. yang terjadi adalah mereka tidak konsenterasi malahan mereka gelisah dan sering izin untuk mencari makanan penganjal perut. Dengan rutin sarapan pagi, kesehatan anak dapat terus terjaga. Sangat disayangkan anak usia sekolah tapi banyak yang sakit maag , dapat
Kita selalu menuntut anak untuk bisa berprestasi  dan sehat tapi kita tidak pernah memperhatikan bahan “bakar anak “dalam belajar. Anak tidak dibiasakan sarapan pagi, sehingga kemampuan otak anak tidak meningkat dan anak tidak  punya daya tahan tubuh terhadap penyakit.

Sarapan pagi itu mudah kok
Sebenaranya sarapan pagi itu tidaklah  seribet dan sesulit yang dibayangkan . yang harus dilakukan agar sukses sarapan pagi yaitu
1.      Selalu memperhatikan pemilihan makanan seperti makanan yang ringan bagi kerja perncernaan, sehingga dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang memiliki kadarserat tinggi dengan protein yang cukup namun dengan kadar lemak rendah.
2.      Sarapan tidak harus selalu dengan nasi disinilah kepintaran ibu memilih variasi makanan diperlukan. Makanan mengandung karbohidrat tidak harus nasi tapi bisa dari jagung, gandum, roti. Yang penting dalam sarapan pagi makanan harus seimbang zat gizinya. Dn harus memperhatika kalori pada anak
3.      Bangunkan anak lebih pagi sehingga tidak ada alasan untuk sarapan.
4.       Paksa anak makan pagi dengan mengajak makan bersama di meja makan
Dengan melakukan hal ini diharapkan sarpan pagi bisa menjadi kebiasaan bagi anak sehingga generasi cerdas dan sehat benar- benar ada.  

No comments :

Post a Comment