Thursday, 5 December 2013

Memulai berantas korupsi dari dini

Kata korupsi menjadi kata yang populer. Dari tua sampai muda mengenalnya.Apalagi sejak si putri indonesia di hukum dengan kurungan yang layak. Jika hukum mati bisa timbulkan efek jera. Kenapa tak di coba?
Semoga menjadi kabar pertakut yang menggetarkan.
Kata korupsi berasal dari bahasa latin yang berarti busuk menggoyahkan, menyogok
Kata korupsi yang di pahami sebagai arti menyogok. Hampir semua kegiatan di pandang sebagai lahan korupsi. Sungguh miris apakah hidup sudah melekat erat dengan korupsi. Yang membuat saya tak habis pikir pengadaan alquran pun ikut terkena proyek korupsi dari oknum tertentu.
Seperti kata om roma sungguh TERLaLu. Alquran kitap suci yang menjadi pegangan umat islam, alquran merupakan kalamullah. Terlalu berani si oknum untuk mengkorupsi pengadaannya.
Apakah uang telah menjadi raja di hidup ini mengalahkan tuhan???
Apakah korupsi telah mengakar kuat??
Kalau iyaa apakah masih bisa kita menggunakan akar kecil yg belum terkontaminasi korupsi intuk ubah negara ini.
Menurut saia bisa ,asalkan akar kecil itu tidak terkena paparan korupsi.jika akar kecil di pupuk dengan kejujuran dan di siram dengan rasa malu, maka akan lahir pohon anti korupsi.Walaupun ini pekerjaan berat asalkan sungguh pasti berhasil.
Menurut saia menanamkan nilai antikorupsi bisa di mulai dari hal kecil dan lingkungan kecil.
Adapun bentuk yang bisa kita lakukan adalah
1.menanamkan nilai kejujuran pada anak dimulai dari rumah tangga:
Jika anak terbiasa jujur maka anak akan takut melakukan hal yg tak sesuai nurani nya.karena kejujuran merupakan suatu bentuk karakter.
Sebuah ungkapan yang menancap di pikiran saia yaitu dusta merupakan ibu nya segala dosa. Sebagai muslim kita pasti tau akibat dari dosa akan mendapat hukuman allah di dunia dan akhirat. Berlaku baik terutama jujur merupakan hal yg berat.
2.tidak korupsi waktu
Tanpa sadar kita sering melakukan korupsi waktu. Sepele tapi jika di biarkan ini bisa merugikan teutama diri sendiri.
Contohnya jika sebagai pns di gaji setiap bulan tapi datang selalu terlambat bayangkan di gaji tak ada pemotongan karena terlambat. Trus gaji itu sebagai sumber penghidupan apakah akan berkah kira-kira?
3.tidak plagiatrisme
Plagiat sering menggoda mahasiswa. Apa lagi jika mahasiswa yang berpikir kuliah itu hanya cari titel saja. Atau ketika riset yang butuh data tapi kenyataan dilapangan hanya simbol saja, data yg di perlukan ternyata tinggal copas data lama.
4.membeli sesuatu sesuai harga.
Kadang kala ketika ingin sesuatu kita berusaha mendapatkan dengan berbagai cara, apalagi jika itu barang rebutan. Yang membuatmu berkompetisi maka akan Rela membeli mahal. Iyaa benar itu uang  milik pribadi ,  tapi pasti akan  menimbulkan arah korupsi.
Menurut saia jika kita mulai dari hal kecil dengan dilakukan dengan kesadaran maka akan bisa menghancurkan korupsi itu pelan tapi pasti.
Tulisan ini diikutkan dalam lomba blog yang diadakan oleh ppm aswaja. Info lanjut bisa di

1 comment :

  1. Betul, memberantas korupsi dimulai dari diri sendiri ! Sukses kakak buat kontesnya ^^

    ReplyDelete