Sunday, 27 October 2013

BLOGGER IKUT MENERANGI KEHIDUPAN DENGAN PLN BERSIH



Listrik untuk kehidupan yang lebih baik
Tak terasa waktu terus berlalu, lomba mengikuti blog dengan tema blogger dukung PLN bersih tinggal menghitung jam. Saya sebagai blogger pemula ingin mencoba berpartisipasi, lomba ini merupakan kerjasama PLN dengan blogdetik.

Lomba Blog PLN Bersih


Kata bersih merupakan hal yang sangat sulit diterapkan di Indonesia.  Bersih dari segala noda yang akan merugikan bangsa, tapi saya optimis jika ada kemauan, usaha yang kuat, dan kerjasama semua pihak bisa tercapai tak lagi hanya sebuah mimpi.ayo PLN mari kita bersatu.
PLN sebagai perusahaan BUMN yang bergerak melayani aspek kelistrikan di Indonesia. Keberadaan listrik merupakan hal yang penting untuk menyongsong hidup yang lebih baik. Banyak hal dalam dalam kehidupan sehari-hari butuh listrik di industri, di layanan kesehatan, lalu lintas, rumah tangga, dll.   Ketika listik padam walaupun dilakukan secara bertahap maka semuanya menjadi kacau. Di bidang indutri misalnya pabrik tidak bisa berproduksi, di layanan kesehatan seperti puskesmas vaksin imunisasi bisa rusak, jalan raya bisa macet bahkan bisa terjadi kecelakaan jika lampu lalu lintas padam. Rumah tangga pun ikut jadi korban karena hampir semua alat rumah tangga perlu nyawa nya yaitu listik.
Sebagai perusahhan pemasok listrik, PLN pun menyadarinya dengan berusaha meningkatkan layanan, untuk bisa berperan lebih baik PLN perlu membuat suatu perubahan. Melalui Manajemennya  PT PLN (Persero) telah melahirkan sebuah komitmennya untuk menjalankan praktek penyelenggaraan korporasi yang bersih dan bebas dari praktek korupsi, kolusi dan nepotisme, sekaligus  menegakkan Good Corporate Governance (GCG) dan anti korupsi dalam penyediaan tenaga listrik bagi masyarakat. PLN berencana untuk membangun sistem yang baik dan bisa menangkal praktek korupsi. .
Suatu perubahan jika tak dilakukan dengan sunguh-sungguh maka akan menjadi sebuah mimpi dan kesia-siaan saja. Salah satu bentuk ketegasan komitmen untuk PLN Bersih dinyatakan melalui aksi korporasi yang nyata, yakni menjalin kerjasama dengan  jaringan organisasi global anti korupsi Transparency International Indonesia (TII). Korupsi telah menjadi penyakit kronis dalam kehidupan berbangsa. Menyadari hal itu PLN berusaha meningkatkan imunitas tubuh dengan  menggunakan empat pilar yaitu (sumber :www.plnbersih.com)
1.      1. Partisipasi, partisipasi dari para pegawai PLN dan seluruh stakeholders dalam berkomitmen dan menjalankan dan mendukung program PLN Bersih dengan baik
  1. Integritas, integritas dari para pegawai dalam bekerja melayani masyarakat sangat penting artinya ntuk membangun budaya PLN Bersih
  2. Transparansi, keterbukaan informasi dan sikap responsif terhadap permintaan informasi publik sangat menentukan dan penting dalam pembangunan budaya PLN Bersih
  3. Akuntabilitas, pilar ini menuntut pegawai PLN untuk selalu responsif terhadap setiap keluhan pelanggan dan juga mendukung implementasi wishtle blower system dan program pengendalian gratiikasi.

Kenapa blogger
Setelah melahirkan komitmen PLN bersih, maka perlu adaanya pemantau keadaan tubuh PLN. Salah satu yang bisa berperan membantu PLN adalah blogger. Kenapa blogger? blogger merupakan bagian dari masyarakat, walaupun jumlahnya sedikit tapi mereka tersebar diseluruh Indonesia. Kita tidak bisa meremehkan kekuatan yang kecil, ingatkan kekuatan semut yang dasyat. Sekecil apapun kita bisa berperan. Adapun dengan cara :
1.      Memberitakan kegiatan PLN melalui media internet termasuk memberikan informasi cara mengatasi korupsi yang dimulai dari hal kecil seperti   :
·      Tidak  memberikan uang apapun kepada petugas PLN yang melayani masyarakat dengan alasan apapun. Baik itu buat uang rokok lah, uang makan lah. Katakan TIDAK  
·      Kalau ada petugas PLN yang meminta uang atau mungkin bersikap memeras maka segera laporkan di 081281022000 melalui SMS PLN Peduli.
2.      Memberi kritikan dan masukan pada PLN. Sebagaimana kita ketahui blogger berasal dari berbagai multi disiplin ilmu. Sehingga kita bisa bekerjasama dalam transfer ide untuk memecahkan masalah tapi dalam batas tertentu.
Akhirnya, saya mengucapkan selamat ulang tahun PLN ke 68 semoga bisa memberikan pelayanan  yang terbaik. Masyarakat menginginkan pelayanan yang baik dan harus ditanggapi dengan cepat tak lagi ada failed atau malah pending dan semoga blog ini bisa berguna

No comments :

Post a Comment