Tuesday, 18 December 2012

Arti Sebuah Wisuda


-->
Wisuda adalah suatu proses pelantikan kelulusan baik itu siswa dan mahasiswa yang telah menyelesaikan pendidikannya.
Wisuda tidak hanya dialami oleh mahasiswa saja, tapi siswa juga diwisuda. Hari ini kegiatan mengaji alqur’an juga diwisuda. Zaman saia ketika saia esde pastinya imut wkwkwkwk tak ada wisuda. Yang ada itu khatam alqur’an . Berbeda tapi sebenarnya sama dan Lebih wah rasanya.
Terserahlah namanya seperti kata kakek shaspire (kalau dak salaH) apalah arti sebuah nama. 

wisuda yang saiay ingat
proses wisuda yang saya ingat adalah wisudawan dan wisudawati berkumpul diruangan, tempatnya misah ama undangan, kemudian masuk  rektor dan para pembantu rektor dengan dekan-dekannya guna mewisuda para calon wisudawan/wi . 

Saat wisuda ada Pemindahan  tali toga  di kepala Dari kiri kekanan oleh rektor atau dekan.  Ada kejadian lucu saat wisuda, seorang teman datang terlambat. Karena terburu-buru tak mengecek tali toganya. Ketika namanya di panggil dia maju dan terjadilah pemindahan toga 2kali untuk dy. Dari kanan kekiri kemudian kekiri  dan kekanan lagi.  
Ada beberapa pertanyaan yang menyelip di otak saia. Kenapa harus ada toga diwisuda? Kenapa harus pakai hitam.? Trus kenapa harus pakai kebaya dan makeup tebal.?

Menurut om google
Toga berasal dari tego,yg dalam bahasa Latin berarti penutup.Meski sering dikaitkan dengan bangsa Romawi kuno,toga sebenarnya merupakan pakaian yg sering dikenakan bangsa Etruskan (pribumi Italia) sejak 1.200 SM. Kala itu,bentuk toga belum berupa jubah jubah,tapi hanya kain sepanjang 6 meter yg cara pakainya dililit ke tubuh. Ribet nya!!!!!!!!!!!!!!!

Toga memiliki bentuk unik karena tidak segitiga tidak juga segi empat tapi runcing. Mungkin melambangkan seorang sarjana harus memiliki pikiran yang tajam dan dalam menyelesaikan masalah harus memperhatikan dari segala segi.

 Tali toga di sebelah kiri maksudnya  selama menjadi mahasiswa, bagian otak yang dipakai mahasiswa kebanyakan adalah otak kiri karena hanya berhubungan dengan bahasa atau hafalan diharapkan setelah harus lebih banyak menggunakan otak kanan. Dimana otak kanan ini berhubungan dengan daya imajinasi, kreativitas, dan inovasi seseorang. Jadi setelah wisuda para sarjana bisa menghasilkan sesuatu yang penting seperti bisa ciptakan lapangan kerja baru. Bisa buat produk baru dan  mandiri. Tidak akan ada lagi sarjana yang mengangur atau kerja keluar negri.  Itu filosofinya, tapi kenyataan yang ada pengangguran makin banyak, padahal sarjana berjibun.

Biasanya setelah acara selesai dilakukan acara foto-foto bersama dengan orang tua, teman-teman serta suami/istri dari wisudawan/wisudawati atau dengan pasangan wisudawan/wisudawati alias pw. Pada wisuda biasanya memakai pakaian yang ditentukan, yang pasti warnanya hitam.

Sebenarnya saya kurang suka sama warna kesukaan dedi corbuzer ini. Warna ini menurut saia cocok dipakai kalau lagi ada musibah, galau. Hitam menurut Saya berat dan misterius, mungkin maksudnya sarjana punya tugas yang berat karena harus mampu aplikasikan ilmu di masyarakat. Menurut teman warna hitam melambangkan keagungan. Tapi saya ingin warna faforit yang digunakan  yaitu merah pasti lebih cantik.
 
Trus kalau wisuda pakai kebaya dan make up lengkap dan tebal. Menurut teman saya kebaya itu pakaian nasional. Kita kan tinggal di indonesia dengan berbagai suku bangsa so perlu pemersatu. Salah satunya pakai kebaya.  Trus make up itu perlu juga karena hari spesial so perlu yang spesial. Asal jangan norak aja.

After geser toga
Toga udah pindah posisi trus ijazah udah ditangan , apalagi yang mau dilakukan?? tes PNS tak ada , Mau jadi pengangguran?? . itulah yang terjadi , toga tak jadi sebuah simbol. Waktu wisuda rasanya bahagia banget, pa lagi IPK tinggi. habis itu?????????????????  bengong di rumah.  
Apakah arti dari sebuaH wisuda?? hanya sebagai simbol tamat kuliah??? kemana sarjana yang biasanya kritis dan inofatif.. Sibuk lamar kerja sana sini tak sempat perhatikan lingkunga pa lagi berinofasi.
 
Buat  apa kuliah mahal-mahal kalau hanya jadi pengangguran, buat apa titel yang berat kalau tak bisa berinofasi. buat apa kalau tak bisa ciptakan lapangan kerja???  trus apa arti dari kuliah yang bertahun-tahun hanya sebuah gengsi saja?? 
maaf jika ada yang tersinggung
sekal;i lagi hanya ingin menulis kegalauan hati 

2 comments :

  1. saya setuju bro/sis

    Btw, saya masih bingung, ini acara wisuda atau halloween? kok make up super tebal

    ReplyDelete
  2. tq bgt bro/sis
    wisuda lah, kan ado si jambul....
    hari spesial biasanya menor ( foto teman dg make up super mahal)

    ReplyDelete