Wednesday, 19 January 2011

epidemiologi

                      

Banyak istilah didunia kesehatan, awalnya aq bingung, kalu ketemu sma orang dinas kesehatan sering menggunakan kata ini. So, minta petunjuk sama om canggih(google). Ketemu deh, semoga coretan aq bisa bermamfaat untuk teman-teman.
Epidemiologi berasal dari Bahasa Yunani :,
 Epi : pada, atas
 Demos : rakyat, penduduk
 Logos : ilmu
So epidemiologi itu ilmu yang mempelajari hal-hal yang terjadi pada rakyat (penduduk)

Epidemiologi merupakan salah satu bagian dari pengetahuan Ilmu Kesehatan Masyarakat yang menekankan perhatiannya terhadap keberadaan penyakit dan masalah kesehatan lainnya dalam masyarakat.
Beberapa arti epidemiologi menurut para ahli :
 Ilmu yang mempelajari penyebaran penyakit dan faktor-faktor yang menentukan penyebaran penyakit pada manusia ( Mac Mahon & Pugh, 1970)
 Studi tentang faktor yang menentukan frekwensi dan distribusi penyakit pada populasi manusia ( Lowe & Koestrzewski, 1973)
 Pada intinya : ilmu yang mempelajari, menganalisis serta berusaha memecahkan masalah kesehatan/yang erat hub.nya dengan kesehatan pada suatu kelompok masyarakat tertentu.
 Penyebaran penyakit yang dimaksud adalah penyebaran penyakit menurut sifat-sifat orang, tempat dan waktu.
Pada awal perkembangannya epidemiologi mempunyai arti sempit. Epidemiologi hanya dianggap sebagai ilmu tentang epidemic. Pada perkembangannya selanjutnya hingga dewasa ini, Epidemiologi dapat diartikan sebagai ilmu tentang Distribusi (Penyebaran) dan Determinan (Faktor-faktor penentu) masalah kesehatan masyarakat yang bertujuan untuk pembuatan perencanaan dan pengambilan keputusan dalam menanggulangi masalah kesehatan.

Ruang lingkup epidemiologi tidak hanya mempelajari penyakityang bersifat menular/infeksi dan akut, namun juga mempelajari penyakit tidak menular juga kronis, masalah sosial/perilaku,penilaian terhadap pelayanan kesehatan, serta di luar bidang kesehatan.
Hasil yang diperoleh dari studi epidemiologi dapat digunakan untuk menentukan pengobatan suatu penyakit, melakukan pencegahan,atau meramalkan hasil pengobatan. Perbedaan antara ilmu kedokteran dengan ilmu epidemiologi teletak pada cara penanganan masalah kesehatan. Ilmu kedokteran lebih menekankan pelayanan kasus demi kasus, sedangkan epidemiologi lebih menekankan pada kelompok individu. 
epidemiologi tidak bisa berdiri sendiri, belum mandiri donk he..., selain membutuhkan ilmu kedokteranj uga membutuhkan disiplin ilmu, seperti :
1.      Demografi
2.      Sosiologi
3.      Antropologi
4.      Geologi
5.      Lingkungan fisik
6.      Ekonomi
7.      Budaya
8.      Statistika
Dari uraian diatas, jelaslah bahwa epidemiologi merupakan ilmu yang kompleks. Walaupun epidemiologi telah dikenal dan dilaksanakan sejak zaman dahulu, tetapi dalam perkembangannya mengalami banyak hambatan hingga baru pada beberapa dasawarsa terakhir ini epidemiologi diakui sebagai suatu disiplin ilmu, seolah-olah epidemiologi merupakan ilmu yang baru.
Epidemiologi sebagai suatu ilmu berkembang dari waktu ke waktu. Perkembangan itu dilatarbelakangi  oleh beberapa hal :
1.      Tantangan Zaman
        >>  Dimana terjadi perubahan masalah dan perubahan pola penyakit. Sewaktu zaman John Snow, epidemiologi mengarahkan dirinya untuk masalah penyakit tidak infeksi dan wabah. Dewasa ini telah terjadi perubahn pola penyakit kearah penyakit tidak menular, dan epidemiologi tidak hanya dihadapkan dengan masalah penyakit semata, tetapi hal-hal lain juga, baik yang berkaitan langsung ataupun tidak langsung dengan penyakit, serta masalah kesehatan secara umum.

2.      Perkembangan Ilmu Pengetahuan Lainnya
>>   Pengetahuan klinik kedokteran berkembang begitu pest disamping perkembangan ilmu- ilmu  lainnya seperti biostatistik, administrasi, dan ilmu perilaku (behavior science). Perkembangan ilmu-ilmu ini juga meniupkan angin segar untuk perkembangan epidemiologi.

No comments :

Post a Comment